Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Pasar Tumenggungan Kian Representatif

Berita Terbaru 28 Desember 2017 11:35:16 WIB Administrator dibaca 20 kali

PASAR TUMENGGUNGAN KIAN REPRESENTATIF

(Dinas Perindag Kebumen, 28 Desember 2017). Mewujudkan pasar rakyat yang bersih, rapih, aman dan nyaman terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen di bawah kepemimpinan Bupati Kebumen Ir. H. M. Yahya Fuad, SE. Dari sejumlah pasar rakyat yang dibangun, satu diantaranya adalah Pasar Tumenggungan Kebumen.  

Pada tahun 2017 Pemkab Kebumen, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, telah mengembangkan Pasar Tumenggungan Kebumen, dengan anggaran sebesar Rp. 5.360.689.000,-, yang digunakan antara lain untuk: pembangunan Kantor UPT Pasar Tumenggungan, pembangunan 2 buah jembatan penyeberangan di sisi Barat dan Timur membujur dari arah Utara ke Selatan, perbaikan 2 buah escalator (tangga berjalan), pembangunan Pos Pengamanan, serta pembuatan Hydrant. Selain itu, juga pengecatan pasar agar tampilannya lebih menarik.   

Kantor UPT Pasar Tumenggungan diperlukan untuk tempat mengendalikan dan mengkoordinasikan pelaksanaan operasional pengelolaan pasar, hingga dapat diwujudkan Pasar Tumenggungan yang representatif. 

Pembangunan jembatan penyeberangan dimaksudkan untuk memudahkan para pembeli dalam berbelanja, utamanya untuk menjangkau kios-kios di sisi Utara maupun kios-kios di sisi Selatan, sehingga pengunjung tidak perlu memutari pasar.  

Adapun perbaikan eskalator sangat diperlukan, utamanya untuk mempermudah para pembeli juga para pedagang dalam mengakses lantai 2 pasar sehingga dapat lebih ramai lagi, ataupun sebaliknya turun dari lantai 2 ke lantai dasar. 

Pembangunan Hydrant untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran, sehingga akan bisa ditangani dengan cepat. Hal ini makin perlu jika kita berkaca pada kejadian kebakaran pasar Wonokriyo Gombong. 

Untuk mendukung keamanan Pasar Tumenggungan dibangunlah Pos Pengamanan yang berada di sudut Tenggara Pasar Tumenggungan Kebumen. 

Kesemuanya itu merupakan respon Bupati terhadap keluhan para pedagang terkait sepinya pengunjung Pasar Tumenggungan. Sehingga dengan pengembangan pasar tersebut diharapkan dapat mewujudkan Pasar Tumenggungan yang makin representatif, makin nyaman untuk transaksi jual beli, serta makin menumbuhkan minat masyarakat untuk mengunjungi Pasar Tumenggungan.    

Upaya Pemkab Kebumen tersebut tentu harus diimbangi dengan upaya para pedagang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pembeli, termasuk penataan dagangan agar lebih menarik, kualitas barang dagangan yang baik, komunikasi yang harmonis, dan yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan pasar, sehingga kondisi Pasar Tumenggungan makin nyaman untuk dikunjungi. Muara dari semua itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para pedagang Pasar Tumenggungan Kebumen. (ADM/DTW)