Berita

▸ Pelatihan Kuliner Olahan Ikan Berita Terbaru
( pada 15 Mei 2018 13:37:58 WIB )
▸ Pelatihan Olahan Hasil Pertanian (GMP dan Packing) IKM Pangan Berita Terbaru
( pada 15 Mei 2018 12:29:51 WIB )
▸ Inacraft 2018 Berita Terbaru
( pada 04 Mei 2018 18:23:59 WIB )
▸ Pembinaan PKL dan Asongan Berita Terbaru
( pada 25 April 2018 15:41:38 WIB )
▸ Pelatihan Teknologi Industri Bordir Berita Terbaru
( pada 25 April 2018 14:02:53 WIB )

Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Pelatihan Kuliner Olahan Ikan

Berita Terbaru 15 Mei 2018 13:37:58 WIB Administrator dibaca 19 kali

PELATIHAN KULINER OLAHAN IKAN

(Dinas Perindag Kebumen, 15 Mei 2018). Baru-baru ini, Sekdin Perindag (Drajat Triwibowo), mewakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen, membuka secara resmi Pelatihan Kuliner Olahan Ikan.

Pelatihan diselenggarakan selama 3 (tiga) hari mulai Jum’at 11 Mei hingga Minggu 13 Mei 2018, di Ruang Pedalen Hotel Candisari Karanganyar, diikuti oleh 25 orang IKM yang kesemuanya berdomisili di pesisir pantai, yaitu dari Kecamatan Petanahan, Puring, Klirong, serta Kecamatan Ayah.

Instruktur / narasumber pelatihan berasal dari Kabupaten Kebumen, yakni Sdri. Zakiyah dan Sdr. Indra, yang juga merupakan praktisi olahan ikan.

Adapun maksud dan tujuan pelatihan yaitu untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam memproduksi olahan ikan, yang bahan bakunya cukup melimpah di Kabupaten Kebumen, khususnya di wilayah pesisir. Apalagi ikan sebagai salah satu kekayaan di Kebumen memiliki nilai gizi yang tinggi serta baik untuk kesehatan. Karena itu, perlu dilakukan upaya olahan ikan yang variatif. 

Potensi ikan yang melimpah dapat dimaksimalkan pemanfaatannya melalui produk-produk olahan ikan oleh para IKM, salah satunya melalui inovasi produk yang diberikan dalam pelatihan selama tiga hari.

Melalui pelatihan tersebut, diharapkan para peserta dapat bertambah pengetahuan dan wawasannya, serta memahami dengan baik, sehingga dapat meningkatkan ketrampilannya dalam pengolahan ikan. Dengan demikian, setelah mengikuti pelatihan diharapkan akan ada perubahan, baik dalam variasi produk, jumlah produk, serta jangkauan pasar, sehingga pada akhirnya akan ada peningkatan  pendapatan serta kesejahteraan. (ADM/DTW)